-->

Cara membuat database pada PhpMyAdmin

Database adalah salah satu komponen aplikasi penting pada sebuah aplikasi. Karena database berguna untuk menyimpan data-data yang diinputkan pada sebuah aplikasi tertentu supaya data-data tersebut bisa digunakan kembali atau dieksekusi kembali. Maka dari itu Kompnesia.blogspot.com kali ini akan membagikan cara pembuatan database dengan menggunakan fitur Xampp yaitu PhpMyAdmin.
Aplikasi-aplikasi yang digunakan dan harus terinstal antara lain yaitu :
  • Xampp (Anda bisa mendownloadnya di Google).
  • Browser, digunakan untuk mengakses PhpMyAdmin.
Setelah Anda mempunyai aplikasi aplikasi diatas yang telah terinstal di Kompoter Anda, silahkan buka aplikasi Xampp dan klik Start pada Actions Apache dan MySQL sampai Module Apache dan MySQL berubah menjadi hijau, atau perhatikan gambar dibawah ini :
XAMPP
Setelah Xampp Anda berubah seperti gambar diatas, sekarang silahkan Anda buka aplikasi Browser apa saja seperti IE Explorer, Mozila, ataupun Chrome. Kemudian ketikan di Address Bar http://localhost lalu pilih PhpMyAdmin sampai tampil tampilan PhpMyAdmin. Selanjutnya klik New pada sidebar di sisi kiri sampai tampil seperti dibawah ini.


Ketikan nama database yang akan Anda buat di kolom tersedia, lalu selanjutnya klik Button Buat. Misal namanya yaitu db_penilaian. Maka selanjutnya akan tampil tampilan pembuatan table yang nantinya data-data akan tersimpan pada table yang ditentukan.


Misal namanya tablenya yaitu t_siswa dan jumlah kolomnya yaitu 4. Untuk jumlah kolom ini disesuaikan dengan data yang nantinya dibutuhkan. Saya memilih jumlah 4 karena nantinya akan diisi dengan data No Absen, NIS, Nama Siswa, dan Jenis Kelamin. Jika sudah memberi nama dan jumlah kolom, klik Kirim. Maka akan tampil seperti dibawah ini.

Silahkan isi table t_siswa sesuai dengan data yang nantinya akan diinputkan. Data-data tersebut harus memiliki Primary Key atau pembeda dengan data lainnya. Primary key tersebut sangat penting pada Database karena supaya tidak ada data yang sama dengan lainnya atau istilahnya rangkap. Disini saya menggunakan kolom No sebagai Primary key dengan type data Varchar dan jumlah karakternya 3. NIS bertype data Varchar dan jumlahnya 10, Nama_siswa bertype data TEXT dan jumlahnya 30, lalu Jenis_Kelamin bertype data ENUM, dengan Options Laki-laki dan Perempuan. Untuk type data ENUM, silahkan klik Edit ENUM/SET Values untuk mengubah Options.

Baca Juga :



Silahkan semuanya sesuaikan dengan Field-field yang dibutuhkan Anda, disini saya hanya memberikan contohnya saja. Setelah semuanya terisi dan sesuai kebuthan Anda, silahkan klik Simpan untuk menyimpan table.


Diatas adalah tampilan table yang telah disimpan atau yang tadi kita buat. Untuk mengisi table tersebut dengan data-data yang diinginkan silahkan klik Tab Tambahkan.


Maka akan tampil tampilan pengsisian data seperti diatas. Silahkan isi dan sesuaikan. Jika sudah, maka klik Kirim untuk menyimpan data tersebut.



Gambar diatas tampilan bahwa data yang diinputan sukses tersimpan didatabase tersebut. Silahkan klik Jelajahi supaya lebih detailnya.



Jika Anda ingin mengubah data tersbut, silahkan klik Ubah, sedangkan jika ingin menghapusnya maka klik Hapus. Ataupun jika Anda ingin membuat table baru maka klik New pada database sidebar yang telah kita buat atau perhatikan gambar dibawah ini.



Selanjutnya ikuti tahap seperti pertama kali pembuatan table diatas. Sampai database yang kita buat siap digunakan untuk dikoneksikan kepada aplikasi yang kita buat.
Untuk mengkoneksikannya, Anda bisa membaca artikelnya dibawaah ini, saya sudah saya jelaskan.

Mungkin itulah Cara membuat database pada PhpMyAdmin yang bisa saya sampaikan dan jelaskan. Jika Anda ingin bertanya mengenai pembuatan database, Anda bisa menggunakan kolom komentar dibawah ini untuk bertanya.

Mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa dishare ya Sob!


1 Response to "Cara membuat database pada PhpMyAdmin "

  1. Mantab gan tutornya. Tapi ane udah tau si..hehe
    Yang agan pake itu versi brp xampp nya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel